13 Ciri-Ciri Ayam Sabung Peru Asli Berkualitas

Posted on

13 Ciri-Ciri Ayam Sabung Peru Asli Berkualitas13 Ciri-Ciri Ayam Sabung Peru Asli Berkualitas Baik

13 Ciri-Ciri Ayam Sabung Peru Asli Berkualitas – Ayam peru atau ayam peru merupakan salah satu jenis ayam sabung yang biasa digunakan karena adu ayam atau ayam jago. Ayam ini banyak dipilih karena diyakini memiliki kekuatan dan ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan ayam aduan lainnya. Banyak pemenang sabung ayam menggunakan ayam Peru sebagai ayam yang mereka lawan, sehingga banyak orang yang mencari ayam Peru untuk dirawat dan diperebutkan. arena sabung ayam.

Belum tentu benar bahwa jika Anda memiliki ayam Peru, Anda pasti akan memenangkan setiap pertandingan yang Anda mainkan. Perawatan yang Anda berikan untuk ayam Peru Anda juga akan berdampak pada kualitas ayam Peru Anda saat bersaing.

Belum tentu benar bahwa jika Anda memiliki ayam Peru, Anda pasti akan memenangkan setiap pertandingan yang Anda mainkan. Perawatan yang Anda berikan untuk ayam Peru Anda juga akan berdampak pada kualitas ayam Peru Anda saat bersaing.

Ciri ayam Peru yang perlu Anda ketahui

Berikut ini beberapa ciri ayam Peru yang perlu Anda ketahui. Beberapa fitur mungkin sulit untuk diamati dan membutuhkan perhatian lebih untuk memahaminya.

Postur tubuh
Ukuran tersebut kurang lebih sebanding dengan ukuran tubuh ayam-ayam dari Asia Tenggara. Ukuran ayam Peruvian juga sepadan dengan ukuran ayam Shamo Jepang. Ukurannya yang besar juga mempengaruhi bobot ayam Peruvian. Anak ayam Peru dapat memiliki berat hingga 3,5 kg saat dewasa, yang relatif lebih berat dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.

Badan agak melengkung/Membungkuk
Ciri khas lain dari ayam Peru masih berkaitan dengan tubuhnya. Ayam Peru memiliki bentuk tubuh yang agak melengkung atau bengkok, dengan kata lain tulang punggung lebih melengkung daripada lurus. Ini sebenarnya berbeda dengan beberapa ayam aduan lain yang memiliki tubuh kokoh. Namun hal tersebut tidak akan mempengaruhi agresivitas ayam Peru saat bersaing dengan ayam lain di kompetisi tertentu.

Kuping berwarna putih

Ciri fisik lain yang bisa kita amati pada ayam Peru adalah sisi telinga. Telinga ayam Peru asli berwarna putih di bagian sisinya, yang membedakannya dari ayam lain. Jika Anda tidak melihat ciri ini pada ayam yang Anda kawinkan, mungkin itu bukan ayam Peru atau lokasi warna tersebut tidak terlihat jelas pada ayam Peru yang Anda miliki. Terkadang telinganya tidak berwarna putih, melainkan merah atau jingga, sesuai dengan warna tubuh dominan induknya. Dengan kata lain, jika induk ayam sebelumnya telah kawin dengan ayam lain yang bukan dari gen Peruvian murni, mungkin terdapat perbedaan warna daging atau telinga.

Sedangkan warna bulu ayam Peruvian tidak akan jauh berbeda dengan ayam jenis lainnya. Warna bulunya merah, hitam, hijau dan sejenisnya seperti biasa.

Memiliki stamina yang kuat

Salah satu ciri khas lain yang menunjukkan bahwa ayam yang anda budidayakan adalah ayam Peruvian, sehingga anda akan melihat ketahanan yang kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan ayam lainnya. Ayam Peruvian memiliki daya tahan yang tinggi dalam pertandingan, oleh karena itu banyak digunakan oleh pecinta ayam dan pengeluh ayam sebagai ayam pilihan dalam pertandingan yang akan mereka ikuti.

Jika Anda merawat ayam Peru dengan benar, maka kekuatan atau ketahanan ayam Peru Anda juga akan meningkat, sehingga peluang Anda untuk menang juga akan tinggi. Oleh karena itu, Anda harus merawat ayam Peruvian Anda agar menjadi ayam yang tangguh dan memiliki daya tahan yang baik saat melawan ayam jago.

Suka hidup bebas
Ciri khas lain dari ayam Peru adalah kesukaan mereka untuk hidup bebas. Intinya, ayam Peru lebih suka dipelihara di tempat terbuka, tanpa kandang sempit dan sejenisnya. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memelihara ayam Peru dengan tidak terlalu sering menempatkannya di kandang yang sempit, tetapi berikan ayam Peru Anda area tertentu untuk melakukan aktivitasnya tetapi beri mereka jaring di sekitarnya. Dengan cara ini Anda dapat mengontrol agar ayam Anda tidak kabur tanpa pamit dan tidak terinfeksi hama atau penyakit luar. Ciri Ayam Sabung Peru

Betina, siap untuk pembuahan, melebarkan sayapnya saat dipegang

Ciri-ciri ini dapat ditemukan di hampir semua jenis ayam, termasuk jenis ayam Peru. Tanda ini akan muncul saat ayam sudah siap dibuahi oleh pejantan. Ayam betina yang sedang berahi tidak akan takut dengan pejantan yang mendekat, dan ketika ditekan, sayapnya akan mengembang untuk menandakan bahwa dia sedang berahi.

Khusus betina, akan gelisah saat hendak melahirkan
Ayam Peru yang akan bertelur terlihat gelisah dan akan mencari tempat untuk bertelur. Untuk membantunya, Anda bisa menyediakan tempat bertelur di kandang atau tempat aman lainnya. Bentuk wadah telur biasanya berupa kotak atau keranjang berisi jerami atau jerami. Secara alami, ayam betina Peru benar-benar akan membuat sarangnya sendiri untuk mempersiapkan kelahiran anaknya. Namun, tidak masalah jika Anda juga mempersiapkannya.

Ganas saat bertarung
Ciri khas lain dari ayam Peru yang mungkin diperhatikan pada ayam Peru adalah perilaku atau tingkah lakunya selama pertempuran. Ayam Peru dengan sononya sudah memiliki insting bertempur yang cukup baik. Dengan kata lain, meskipun mereka tidak dilatih, ayam Peru kemungkinan besar memiliki kemampuan bertarung yang cukup baik. Apalagi jika Anda rutin berolahraga setiap hari. Yang pasti ayam jago Peru Anda akan semakin galak saat bertarung di arena persaingan dengan ayam lain.

Memiliki tubuh yang kuat
Ciri khas lain dari ayam Peru yang terlihat pada ayam Peru adalah kekuatan tubuhnya yang bagus, terutama saat berkelahi. Ayam Peru dengan sononya sudah memiliki insting bertarung yang cukup baik dan gen bertarung yang kuat. Dengan kata lain, meskipun mereka tidak dilatih, ayam Peru kemungkinan besar akan memiliki kemampuan bertarung serta tubuh yang kuat. Apalagi jika Anda rutin berolahraga setiap hari. Yang pasti, ayam Peru Anda akan memiliki tubuh yang semakin kuat dan sulit untuk diatasi oleh ayam lain.

Memiliki ekor berbentuk seperti huruf ā€˜nā€™

Ciri khas lain yang terlihat pada ayam Peru adalah bentuk ekornya yang jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya terlihat agak ke atas. Sekilas, ekornya tampak seperti huruf “n”. Anda akan dapat melihat ciri-ciri ini tanpa harus melihat lebih dekat pada ayam Peru Anda karena ciri-ciri ini cukup jelas terlihat pada ayam Peru yang Anda miliki.

Postur tubuh lebih tinggi
Ciri khas lain dari ayam Peru adalah postur tubuhnya yang lebih tinggi dibanding kebanyakan ayam lainnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, karena besar badan ayam Peru, hal ini turut mempengaruhi tinggi badan ayam Peru ini. Ayam Peruvian akan memiliki postur tubuh yang lebih tinggi untuk mengimbangi ukurannya sehingga dapat bergerak dengan optimal.

Memiliki kaki yang kuat
Ciri khas lain dari ayam Peru yang bisa dilihat pada ayam Peru adalah kekuatan kakinya yang baik terutama saat berkelahi. Ayam Peru dengan sononya sudah memiliki insting bertarung yang cukup baik dan gen bertarung yang kuat. Dengan kata lain, meskipun mereka tidak dilatih, ayam Peru kemungkinan besar memiliki kaki adu yang baik dan tubuh yang kuat. Apalagi jika Anda rutin berolahraga setiap hari. Yang pasti, ayam Peru Anda akan memiliki tubuh yang semakin kuat dan sulit untuk diatasi oleh ayam lain.

Gerakannya lincah atau gesit
Petarung yang baik juga harus memiliki kecepatan yang baik. Hal yang sama berlaku untuk ayam Peru yang Anda miliki atau ayam petarung lainnya pada umumnya. Pergerakan ayam Peru khususnya saat berkelahi akan tampak gesit atau lincah. Ini agar lebih mudah menyerang atau bertahan dari serangan musuh selama pertempuran. Jika Anda memperhatikan bahwa ayam yang Anda lawan terlihat lincah, kemungkinan besar itu adalah salah satu dari jenis Peru. Namun jika tidak, mungkin ada alasan lain yaitu memperlambat pergerakan ayam Peru, atau bisa jadi ayam tersebut sama sekali bukan ayam Peru.