Kelebihan Ayam Sabung Peru Dan Cara Merawatnya

Posted on

Kelebihan Ayam Sabung Peru Dan Cara MerawatnyaKelebihan Ayam Sabung Peru Dan Cara Merawatnya

Kelebihan Ayam Sabung Peru – Ayam peru merupakan salah satu jenis ayam petarung yang berasal dari Peru. Ayam Peru adalah salah satu favorit botoh untuk menang di arena sabung ayam. Jenis Ayam Peru tidak bisa dianggap remeh karena ayam Peru sangat jago berkelahi. Dikenal karena kekuatan dan ketahanannya dalam bertempur.

Meski memiliki jiwa pejuang ayam Peru, namun mereka perlu dilatih untuk menjadi ayam unggulan karena pada prinsipnya ayam Peru memiliki potensi yang besar.

Postur tubuh relatif besar
Ciri pertama ayam Peru dapat dilihat dari tubuhnya yang relatif besar dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Ukuran ayam Peruvian sama dengan ayam Shamo asal Jepang. Berat badan ayam Peru mencapai 3,5 kg.

Badan agak membungkuk
Ayam Peru memiliki tubuh yang agak melengkung karena tulang punggung lebih melengkung daripada lurus. Ini sebenarnya berbeda dengan jenis ayam lain yang memiliki badan kokoh.

Kelebihan Ayam Sabung Peru

Kuping berwarna putih
Telinga ayam Peru asli berwarna putih dan inilah yang membedakannya dari jenis ayam lainnya. Namun ada juga yang telinganya tidak putih, melainkan merah atau jingga, sejalan dengan dominannya warna tubuh ayam yang berasal dari induknya. Sedangkan untuk warna bulu Peruvian tidak banyak perbedaan, warna bulunya sama dengan umumnya yaitu merah, hitam, hijau.

Stamina yang kuat
Ayam Peru memiliki daya tahan yang kuat dan tahan lama saat bersaing dengan ayam lainnya. Jika Anda merawat ayam Peru dengan benar, stamina ayam aduan juga akan meningkat.

Memiliki kaki yang kuat
Ayam Peru memiliki kaki yang kuat, terutama saat berkelahi. Ayam Peru sudah memiliki insting bertarung yang cukup baik dan gen bertarung yang kuat.

Gerakan lincah
Seekor ayam untuk menjadi ayam aduan harus memiliki kecepatan yang baik. Pergerakan ayam Peru selama kompetisi akan terlihat gesit atau lincah. Berkat ini, ayam Peru akan menyerang lawan lebih cepat atau mempertahankan diri dari serangan ayam jago musuh.

Kelebihan Peru Itu.

Seperti yang sudah dikatakan diatas, ayam Peru selalu bertanding menggunakan pisau taji kecil. Namun selain itu, ayam aduan ini memiliki kemampuan bergerak yang sangat hebat, baik itu dalam menyerang maupun bertahan. tubuhnya ringan sehingga gerakan yang ditimbulkan sangatlah cepat sehingga membuat lawan kebingungan.

Hasil pukulannya sangat keras dan mematikan. Faktanya, sangat jarang ada musuh yang berhasil melakukan serangan balik setelah menerima pukulan dari ayam Peru. Tidak hanya itu, daya tahan tubuhnya juga sangat baik sehingga bisa bertanding dalam waktu yang lebih lama.

Latihan Pada Ayam Peru

Setidaknya ada banyak trik melatih ayam Peru yang penting bagi sebagian penggemar untuk mengetahui bahwa ayam aduan mereka masih ayam aduan yang hebat dan kuat.

Panduan pertama

Ini tentang menjaga kesehatan dan kesehatan tubuh ayam aduan. Secara teknis, ayam Peru dimandikan di tempat terbuka untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Selain itu, ayam jantan yang bertarung dengan ayam jantan memiliki kesempatan untuk belajar melompat, terutama yang masih muda.

Panduan kedua,

pada siang hari, ayam Peru dilatih untuk menyerang secara aktif dan agresif. Masuk, berikan barbel ke sisi kaki ayam aduan. Ia kemudian belajar melompat dan mencoba bersaing dengan ayam aduan jenis lain.

Tujuan dari teknik kursus ini adalah untuk memperkuat mentalitasnya agar dapat bertindak lebih agresif dan galak saat bertanding di kompetisi nyata.

Kemudian untuk senam terakhir, konduktor ketiga dilakukan pada sore hari. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat kekuatan serangan. Teknik. Ayam Peru pertama kali didistribusikan lebih luas. Kemudian kakinya tegang dan dia diminta berlatih lari dengan tarikan. Jalannya pelatihan seperti itu akan membuat ayam aduan lebih emosional. Ketika sedang marah, dia juga bisa meningkatkan sifat agresifnya. Selama dia terus menyerang secara aktif selama kompetisi.

Ketiga jenis latihan yang dijelaskan di atas dapat dilakukan selama beberapa hari, tetapi latihan sebaiknya hanya dilakukan sebagian selama satu minggu. Jika ini terjadi berulang kali, tidak akan baik atau optimal.

Cara Merawat Ayam Sabung Peru

Jika anda ingin beternak Ayam sabung peru perlu memperhatikan perawatan yang tepat seperti dibawah ini, diantaranya:

  • Pemilihan Induk Ayam
    Seperti halnya peternakan ayam pada umumnya, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih induk yang berkualitas. Kualitas keturunan tercermin dari kondisinya yang baik, aktif, gesit, sehat serta sehat dan sehat. Induk ayam berpengaruh besar terhadap kualitas ayam yang dipelihara.
  • Pemilihan Kandang
    Cara lain merawat ayam sabung peru adalah dengan memilih kandang yang tepat. Kandang ayam ada tiga macam yaitu kandang umbaran, kandang surat dan kandang tidur, berikut penjelasannya:
  • Kandang Umbaran
    Biasanya kandang ini terbuat dari kayu dan alasnya harus mengandung campuran tanah dan pasir untuk membentuk struktur jari yang kuat. Selain itu, Anda bisa menambahkan tiang kayu untuk bermain dengan ayam.

Tempatnya harus multifungsi dan dapat digunakan sebagai tempat berkembang biak ayam berumur 1,5 sampai 3 bulan.

  • Kandang Postal
    Kandang ini memiliki dinding yang terbuat dari kawat dengan alat pemanas tambahan di bagian dalam berupa bola lampu. Sedangkan alasnya ditambahkan dari sekam pagi untuk menjaga kelembapan dan diganti setiap tiga hari sekali.
  • Kandang Tidur
    Kandang tidur ayam yang biasanya memiliki alas yang ditinggikan seperti panggung. Hal ini untuk menghindari penurunan suhu tanah pada malam hari.

Cara perawatan ayam sabung peru

Sementara itu, cara perawatan ayam sabung peru dengan membuat kandang yang baik, hal-hal berikut juga harus diperhatikan, diantaranya:

  • Letakkan di area dengan kontur datar atau datar, dengan pepohonan yang memberikan sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup
  • Kandang juga bisa dipasang di area yang banyak rerumputan sehingga bisa digunakan sebagai pengganti makanan berserat tinggi.
  • Pastikan kandang mempunyai fasilitas saniter atau saluran air yang lancar agar saat hujan air tidak menggenang dan menjadi sarang nyamuk.
  • Kandang ayam sabung peru harus terpisah setidaknya 5 meter atau dengan rumah
  • Cara merawat ayam sabung peru bisa juga pagar kandang dengan semen atau batu bata, bisa juga dengan kawat atau bambu
  • Kandang harus menghadap matahari terbit dan sejajar dengan arah angin untuk menghindari penularan penyakit dari luar

Baca juga: Tradisi Sabung Ayam Toraja Dan Di Pulau Jawa