Mudah Merawat Ayam Bangkok Biar Sehat Dan Kuat

Posted on

Mudah Merawat Ayam Bangkok Biar Sehat Dan KuatTips Mudah Merawat Ayam Bangkok Biar Sehat Dan Kuat

Mudah Merawat Ayam Bangkok – Bagi anda yang mendukung aduan Bangkok sebaiknya belajar lebih banyak tentang perawatan dan pelatihan anak ayam di Bangkok agar ayam anda tumbuh sehat, kuat dan bisa menjadi juara.

Apalagi saat ini informasi dapat dengan mudah ditemukan dimanapun dan kapanpun melalui internet.

Seperti yang bisa kalian lihat, disini hobinatang.com akan membahas secara detail bagaimana cara merawat anak ayam aduan bangkok agar tetap tumbuh sehat dan optimal. Simak penjelasannya di bawah ini

Merawat Ayam Bangkok Aduan

Agar ayam aduan Anda kuat dan tahan lama, diperlukan perawatan dan pelatihan yang tepat karena masih muda yang dihitung setelah menetas hingga berumur 10 bulan, tetapi ada yang mengatakan 6 bulan. Ayam yang mendapat perawatan intensif sejak dini akan tumbuh secara optimal dan menjadi juara saat dewasa.

Sayangnya banyak peternak ayam yang berjuang keras mengabaikan hal ini, meremehkan atau meremehkan perawatan ayam di usia muda, namun melakukan kesalahan dalam perawatan dan pelatihannya sehingga menyebabkan ayam rusak dan pertumbuhannya tidak maksimal.

Kesalahan apa yang sering dilakukan pemula saat merawat ayam aduan muda?.

1. Kesalahan Dalam Merawat bangkok muda..

Nah, poin pertama adalah bug terlebih dahulu, kemudian perawatan dan pelatihan:

Pemberian ruangan yang buruk untuk ayam atau kondisi kandang yang tidak ideal sehingga merepotkan ayam bangkok dan menyebabkan stress.
Jenis pakan yang diberikan kurang baik dan menyebabkan pertumbuhan yang buruk.
Ayam muda sering didiskriminasi oleh ayam lain atau ayam dewasa sehingga membuat mental mereka lemah saat berkelahi.
Sering bertarung di antara mereka sendiri untuk mendapatkan kepemimpinan.
Kesalahan terakhir adalah mengawinkan ayam muda terlalu dini, padahal belum matang.

Ini hanyalah beberapa kesalahan yang harus Anda hindari. Juga akan ada kesalahan dalam melatih ayam, tetapi kami akan membahasnya di poin terakhir. Baca saja selengkapnya

2. Siapkan kandang utama dan anakan bangkok

Saatnya merawat ayam, sudah menjadi persiapan utama dan penting dari kandang ayam. Induk ayam harus dipisahkan dari anakannya. Karena model kandang ayam mereka juga berbeda, kandang ayam sedikit terbuka untuk sinar matahari pagi yang masuk dan menabrak ayam Bangkok. Sedangkan kandang ayam Bangkok harus ditutup tapi tetap hangat. Dengan begitu, anak ayam Bangkok bisa bertahan lama dan tidak mudah mati beku.

Selain itu, jika ada seekor ayam bangkok yang mental juangnya sedang memudar, segera pisahkan dia dari teman-temannya. Biarkan dia sendiri dulu untuk memperbaiki kondisinya. Dan kamu perlu segera berikan makanan agar dia cepat sembuh dan siap bertarung kembali

3. Hal yang perlu diperhatikan tentang makanan ayam bangkok muda
Anda perlu memberi makan ayam Bangkok muda Anda secara teratur setiap hari, tetapi juga tepat waktu sesuai jadwal Anda. Misalnya, jika seorang teman memberinya makan pada jam 7 pagi, maka dia harus rutin setiap hari pada jam 7 pagi.

Jadiseperti apa jenis makanan ayam bangkok?

Sedangkan untuk jenis pakan ayam Bangkok, disesuaikan umurnya. Di bawah mimin adalah gambaran tentang cara merawat ayam bangkok segala umur serta makanan yang cocok untuk pertumbuhannya.

Namun pakan terbaik untuk ayam bangkok adalah jagung dan beras merah. Setiap dua hari di malam hari mereka memberikan multivitamin B. Karena ayam sedang tenang di malam hari, multivitamin lebih mudah dicerna dan menjadi daya juang baginya lebih cepat.

Sedangkan untuk ayam bangkok yang mental juangnya sedang menurun, sudah tidak agresif lagi, maka sebaiknya diberikan pakan tambahan berupa pakan hidup, seperti jangkrik, kroto hidup dan bayi tikus. Dengan cara ini, ayam Bangkok Anda akan pulih dengan cepat dan kembali menjadi agresif.

Nah, selanjutnya akan kami jelaskan satu persatu terkait cara merawat ayam bangkok berdasarkan usianya

4. Merawat ayam bangkok usia 0 bulan

Untuk menjaga ayam bangkok kuat dan kuat, konservasi harus dimulai lebih awal, setelah menetas. Umumnya betina menetaskan telur hanya dalam waktu 21 hari. Kemudian setelah telur menetas, pada umur 1 hari, ayam biasanya ditempatkan dalam wadah / box hangat dengan sedikit penerangan untuk menghangatkan ayam bangkok.

5. Menjaga anak ayam bangkok usia 1-2 bulan

Pada usia 1-2 bulan, ayam bangkok mulai tumbuh subur dan tentunya Anda perlu memberikan lebih banyak ruang agar tetap nyaman. Karena ayam sangat rentan terserang penyakit, kami berharap untuk selalu menjaga kebersihan kandangnya. Untuk memberi makan ayam berumur 1-2 bulan, Anda bisa memberikan konsentrat dan vitamin yang lemah dan kecil yang mendukung pertumbuhan ayam.

6. Merawat ayam bangkok usia 3 bulan

Pada usia 3 bulan, sifat asli Bangkok Chicken mulai terlihat. Dia mulai berkelahi dan bertarung dengan teman-temannya untuk memperebutkan wilayah. Sehingga dia bisa mulai berlatih di usia ini. Anda bisa makan konsentrat besar, campuran nasi, dedak, dan jagung.

7. Tips merawat bangkok usia 6-10 bulan

Mudah Merawat Ayam Bangkok – Seperti yang saya tulis di atas, biar tidak ada konflik, mulai umur 6 bulan mohon pisahkan ayam dari yang lain. Khawatir jika terjadi sesuatu karena mereka tidak terlatih dengan baik. Selain itu, pada usia 6-10 bulan, inilah kesempatan Anda untuk memulai latihan dengan relaksasi. Yakni, melepaskan ayam bangkok ke pintu keluar kandang untuk mandi di tanah.

Hal ini untuk memastikan otot-otot ayam bangkok tidak kaku dan dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang. Kalau soal makanan, teman saya bisa memberinya cukup makanan dan vitamin untuk membantu proses pertumbuhan tulang. Selain itu, pada umur 10 bulan ayam bangkok mulai membordir yaitu bulunya tumbuh kembali

8. Memandikan ayam bangkok muda

Banyak orang yang menyepelekan memandikan ayam, padahal jika dilakukan sembarangan dapat merusak bulu dan kualitas perkelahian. Berdasarkan ini, ikuti instruksi kami tentang cara memandikan ayam dengan benar:

  • Mandikan ayam pada jam 8 pagi saat tidak hujan.
  • Siapkan air bersih dari sumur, tidak memanaskan air dapat merusak jaringan pertumbuhan bulu ayam.
  • Jangan gunakan sabun.
  • Pegang ayam dan usap hingga menjadi tenang.
  • Ambil air, bersihkan kepalamu. Bilas dengan air dari leher hingga tengkuk.
  • Ambil kain atau handuk dan seka air dari leher ke bawah (tujuannya bukan untuk mencegah terlalu banyak air masuk ke leher Anda, lalu seka saja dengan kain atau handuk).
  • Bersihkan area kloaka, banyak kotoran sehingga perlu benar-benar bersih. Cuci punggung, ketiak, kaki dan sayap ayam dengan handuk basah.
  • Ingat, dilap saja, jangan disemprot dengan air karena bisa merusak rambut dan keindahan warnanya.
  • Terakhir, bersihkan anus ayam hingga bersih.

Ini cara yang benar untuk memandikan ayam. Mudah bukan? Jadi harus sangat berhati-hati, jangan hanya dicelupkan ke dalam air atau disiram seperti saat memandikan manusia. Setelah mandi, ayam bangkok dikeringkan

9. Menjemur ayam bangkok

Mudah Merawat Ayam Bangkok – Setelah mandi, jemur ayam di bawah sinar matahari pagi. Oleh karena itu, sebaiknya mandi jam 8 pagi untuk menjemurnya di bawah sinar matahari setelah mandi. Tempatkan ayam di kandang, jangan lupa letakkan alas kayu atau batu agar ayam tidak terguling dan tidak kotor. Kemudian letakkan di luar di mana ada sinar matahari. Jemur saja di bawah sinar matahari jam 10. Istirahat, sinar matahari tidak lagi mengandung Vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan bulu ayam bangkok

10. Melatih ayam bangkok muda

Semua perawatan yang disebutkan di atas dapat membuat ayam bangkok Anda sehat, tetapi sehat saja tidak cukup, jika Anda ingin ayam aduan Anda tangguh dan kuat Anda perlu melatihnya terlebih dahulu. Lakukan latihan fisik seperti pernapasan dan otot seperti melompat, klitoris, berenang, dan sebagainya. Perhatikan juga level skill ayam Anda, jangan terlalu berlebihan, justru bisa merusak ayam tersebut.

Kesalahan melatih ayam bangkok muda:

  • Menjemur ayam terlalu lama
  • Belum cukup umur untuk dimandikan
  • Memandikan ayam dengan air hangat
  • Latih ayam dengan cara mengambilnya dan membuangnya ke udara
  • Latih ayam dengan barbel atau beban kaki Mengangkat bulu ekor ayam
  • bertarung dimasa umur yang masih belum cukup untuk bertarung.
    Salah memilih lawan
  • Tidak ada perawatan pasca-latihan
  • Kesalahan saat adu ayam

Baca juga : Kelebihan Ayam Sabung Peru Dan Cara Merawatnya